Disclamer. Segala keputusan jual beli adalah tanggung jawab masing-masing pihak.
You are here: HomeAnalisa Money ManagementRasio Trading

Rasio Trading

 

Rasio Trading

Ini adalah review kedua dari apa yang sudah dikerjakan selama beberapa tahun. Adalah membandingkan jumlah total transaksi kita, beli ditambah jual, kemudian dibagi dua dan kemudian dibandingkan dengan modal awal tahun.

Misalnya total dari Januari sampai Desember jumlah pembelian kita adalah 10 juta. Kemudian penjualan adalah 5 juta. Maka hasil mereka adalah 7.5 juta.

Jika modal awal tahun kita adalah 20 juta, maka rasionya adalah 37.5%. Berapa angka ideal? Tidak ada yang pasti. Warren Buffett menyarankan di sekitar 20%. Intinya semakin kecil adalah semakin bagus.

Kalau digabung dengan saran Howard Marks tentang cara meningkatkan diri, kita selalu membandingkan diri kita dengan tahun kemarin. Apakah saya melakukan lebih baik?

Kalau dilihat di gambar, ini adalah perjalanan rasio Trading kami. Bisa dicek di menu historical trade list dari menu HOTS Versi PC untuk tiap periode selama setahun. Tinggal masukkan jumlah nya sesuai kolom yang tersedia. Sistem otomatis akan menghitung.

Dari start awal perhitungan, rasio kami mencapai 2000an %. Selama 3 tahun. Artinya total transaksi kami selama setahun sekitar 20x lipat dari modal.

Dengan seaktif ini, apakah kami puas dengan hasilnya? Sepertinya tidak. Karena over trading akan menguras energi, waktu, dan modal kita. Setelah 2 tahunan menjalankan, barulah kami mendapat kesempatan untuk berubah.

Adalah seminar dari John Veter yang memberikan kesempatan itu. Ditambah hadiah door prize ke Malaysia, dan di sana kami menemukan salah satu buku investasi paling penting, yaitu One Up on Wall Street dari Peter Lynch. Setelah membaca ini, kemudian membaca buku dari investor dunia yang berhasil, barulah kami merubah gaya trading kami.

Tahun berikutnya langsung drop banyak rasio transaksinya. Ini bahkan setelah ada penambahan modal. Gaya investasi yang kami rubah. Yaitu dari yang ingin mendapat uang dengan segera, menjadi berpikir jangka panjang. Dan pelan-pelan terbentuk apa yang kami inginkan. Yaitu mempersiapkan masa pensiun yang nyaman.

Kami dari keluarga biasa-biasa, orang tua bekerja keras sampai tua. Orang tua dari orang tua juga seperti itu. Pertanyaannya mau sampai kapan rantai ini diteruskan? Jelas harus ada tindakan nyata untuk merubah ini.

Merubah masa depan, jelas harus merubah apa yang kita kerjakan sekarang. Tidak gampang, tapi jika diteruskan, pasti ada kemajuan. Bahkan jika sehari cuma maju 1 langkah, setahun sudah 365 langkah. Dan sejalan dengan waktu, kemampuan melangkah semakin jago, maka jumlah langkah juga semakin banyak.

Masalah terbesar dari merubah kebiasaan adalah meninggalkan kebiasaan lama. Tidak ada jalan pintas untuk itu. Jika kita terbiasa pakai chart, melihat Layar setiap hari, melakukan Cutloss jika jebol support, dan segala aktivitas transaksi, butuh waktu yang lumayan untuk membangun kebiasaan baru.

Kebiasaan membaca buku, melihat laporan keuangan, tidak melihat Layar setiap hari, menghitung valuasi saham. Mengetest sistem investasi. Banyak hal baru yang mesti dikerjakan.

Apakah sepadan dengan hasil yang diterima? Menurut kami ya. Kami punya waktu luang lebih banyak, modal investasi yang terus menerus bertambah karena waktu luang memberi banyak pilihan mencari lebih banyak uang, kami melihat apa yang ada di visi orang-orang terkaya di dunia, dan yang paling penting, kita tahu apa masa depan yang harus kami tuju.

Selain mengurangi beban transaksi dari sisi energi, waktu dan dana, membatasi rasio transaksi ini juga memaksa kita memilih saham terbaik. Misalnya ketika kita bermain video games, jika nyawa kita masih banyak, jelas kita akan menghambur-hamburkan begitu saja. Tapi jika tinggal sedikit, pasti lebih hati-hati.

Warren Buffett bahkan membatasi diri dengan 20 transaksi seumur hidup. Dengan begitu maka dia memaksa dirinya terpaksa mencari 20 perusahaan terbaik di dunia. Karena itulah dia menjadi investor paling berhasil. Ketidak mampuan kita menyamakan dengan Buffett adalah faktor penting mengapa kita tidak bisa selevel dengan dia. Bill Gates membaca 1 buku tiap minggu. Berapa halaman buku baru yang kita baca selama setahun? 1 hari 1 halaman, 1 tahun juga selesai 1 buku. Tapi perbedaan 52 buku dengan 1 buku per tahun adalah pembeda nyata kita ada di belakang Bill Gates. Apalagi jika Gates telah melakukan bertahun-tahun.

Tidak ada jalan pintas untuk itu. Dan di 2018 mudah-mudahan rasio kami menjadi lebih baik lagi. Artinya pilihan saham kami sudah tepat sehingga tidak perlu diubah lagi. Dan untuk mencapai ini, melihat tujuan jangka panjang adalah kuncinya. Perusahaan apa yang bisa membawa kita mencapai tujuan finansial kita. Itu pertanyaan kuncinya. Dengan mulai mencari, kita akan semakin dekat dengan tujuan.

Dan tidak perlu takut salah. Salah adalah bukti kita mencoba. Dan menjadi sebab kita menjadi lebih baik, karena kita tahu ada 1 cara yang tidak berhasil. Kesalahan pemula terjadi ketika modal waktu dan energi kita masih sedikit. Bayangkan kalau kita melakukan kesalahan dengan modal 10 milyar, atau ketika kita berumur 60 tahun.

File untuk mengisi data ini bisa didownload di https://goo.gl/kr87Oi

Selamat mencoba.

Download HOTS

HOTS Manual

Video Tutorial HOTS

Lowongan Kerja

1665247
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
767
1049
9659
11717
22416
43026
1665247

Your IP: 54.81.195.140
Server Time: 2018-07-16 10:11:52
Disclamer. Segala keputusan jual beli adalah tanggung jawab masing-masing pihak.
Joomla templates by Joomlashine