Disclamer. Segala keputusan jual beli adalah tanggung jawab masing-masing pihak.
You are here: HomeAnalisa PsikologisNegeri Matahari Terbit - Akhir

Negeri Matahari Terbit - Akhir

 

Negeri Matahari Terbit - Akhir

Perjalanan ke Jepang akan berakhir juga. Dan artikel ini juga adalah yang terakhir mengenai Jepang. Selalu ingat saja, apapun yang ada di dunia ini, pada waktunya, semua akan selesai. Demikian juga masa turun dan naiknya pasar modal. Dengan pengetahuan semua ini pasti terjadi, kita hanya perlu melakukan apa yang harus dilakukan di masa itu. Contoh misalnya ketika hujan turun, antara berlindung di gedung atau keluar membawa payung. Tidak perlu repot berusaha mengubah kondisi cuaca supaya berjalan sesuai keinginan kita.

Di saham, masa downtrend adalah masa mengumpulkan saham. Kalau yang mau trading, maka nantinya bisa dijual ketika sudah memberi keuntungan. Untuk yang mau menyimpan, maka masa downtrend adalah masa mendapat saham di harga murah, dan karena murah, kita bisa mendapat lebih banyak. Jadi apapun yang terjadi, kita selalu di posisi menyenangkan. Asal punya keyakinan berdasarkan fakta bahwa ini memang akan berakhir.

Di hari penuh terakhir di Jepang, kami mengunjungi ramen Ichiran. Dan karena masih pagi, belum ada antrian. Ini juga harus dibiasakan, melakukan hal yang tidak menjadi favorit orang, sehingga kita mendapatkan kondisi lebih bagus. Tanpa antrian berarti tidak perlu membuang banyak waktu. Dari sana kami mengunjungi pasar Ameyoko yang ada di samping Ueno park. Mungkin karena fokusnya adalah untuk orang lokal, maka harga penjualan barang dan makanan di sana sedikit lebih murah.

Jadi semakin banyak melihat, kita belajar menemukan barang lebih murah, dan lebih efisien dalam melakukannya. Asal melakukan PR masing-masing. Kalau duduk di tour jelas tidak perlu belajar apapun. Ini bisa dilakukan di liburan, tapi di investasi, kita wajib mengerjakan tugas kita sendiri. Karena itu menyangkut masa depan kita, dan hanya kita yang tahu latar belakang dan tujuan kita.

Dari sana, kami mengunjungi Tokyo Metropolitan Government Building. Sarana gratis untuk melihat kota Tokyo. Sayang cuaca tidak mendukung untuk melihat jarak yang jauh. Tapi berarti kami mendapat pengalaman melihat Tokyo yang berawan. Dan di lantai bawah gedung, ada pameran untuk persiapan Olimpiade 2020. Dan suvernir sudah mulai dijual. Kami membeli di Kiddy Land di daerah Harajuku pada malam hari.

Ini yang perlu kita pelajari dari orang Jepang. Mereka tahu situasi ke depan yang pasti akan datang, jadi mereka mempersiapkan dari sekarang. Sama jika kita tahu masa pensiun pasti akan datang, maka kita wajib mempersiapkan dari sekarang. Peribahasanya sedia payung sebelum hujan. Apalagi kita sadar sepenuhnya bahwa hujan pasti terjadi. Tidak bijak jika mendorong tanggung jawab kita sendiri kepada pihak lain.

Beberapa hal menarik, misalnya penjualan barang elektronik lama, seperti TV, kamera, tetap ada. Apakah Jepang tidak mempersiapkan diri menghadapi perubahan teknologi sehingga menunggu semua pabrik gulung tikar, atau ada hal lain? Jadi apapun yang terjadi, mereka siap menghadapi. Kemudian banyak cafe yang unik, ada maid cafe, internet cafe, manga cafe, cat cafe, owl cafe, dan sebagainya. Jadi cafe bukan hanya tempat minum saja, atau tempat bersantai dengan WiFi, tapi sudah ada tambahan kegiatan sebagai bonus.

Dan terakhir kami mengunjungi Kiddy Land. Ini juga tidak sengaja ketika mencari toko lain untuk membeli barang. Sama seperti ketika kita mencari informasi dari satu produk investasi, kalau kita terbuka dengan pilihan yang ada, bisa saja kita malah menemukan yang lebih baik.

Keesokan paginya kami sudah dalam perjalanan pulang ke Indonesia. Jepang jelas adalah tempat yang menarik. Selain musim gugur yang indah, ada juga musim lain yang menarik. Satu lokasi bisa 4 kondisi. Asal pas dengan kondisi finansial dan waktu, bisa saja kami berkunjung lagi. Dan dengan beberapa tahun kemudian, selalu ada perkembangan baru yang menarik lagi.

Ini adalah wujud bahwa manusia selalu berkembang. Demikian juga perusahaan, karena isi perusahaan adalah manusia. Jadi selalu ikutilah perkembangan dari sesuatu yang menarik bagi kita. Jika kondisinya cocok, maka kita bisa mengambil tindakan. Kalau liburan, jelas ada kriteria tertentu untuk masing-masing pribadi, demikian juga untuk berinvestasi. Paling penting adalah tentukan kriteria yang dikehendaki dulu. Jangan hanya ikut arus. Dan wujudkan apapun yang kita inginkan.

Invest long, prosper, and be happy. Berinvestasilah secara jangka panjang, jadilah makmur, dan bahagia.

Download HOTS

HOTS Manual

Video Tutorial HOTS

Lowongan Kerja

2121399
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
170
2263
6171
13272
42627
50310
2121399

Your IP: 54.91.121.255
Server Time: 2019-04-26 02:09:06
Disclamer. Segala keputusan jual beli adalah tanggung jawab masing-masing pihak.
Joomla templates by Joomlashine