Disclamer. Segala keputusan jual beli adalah tanggung jawab masing-masing pihak.
You are here: HomeAnalisa PsikologisMenjadi Seorang Investor

Menjadi Seorang Investor

 

Menjadi Seorang Investor

Berita tentang perceraian Jeff Bezos dan MacKenzie Bezos menghiasi kabar ekonomi di dunia saat ini. Karena MacKenzie berpotensi mendapat 50% harta Jeff dan membuatnya menjadi wanita paling kaya di dunia saat ini. Berita lain adalah kenaikan yang terlalu tinggi mengenai tiket pesawat dan biaya kargo.

Mengenai harga tiket, kebetulan kami sendiri berencana balik ke kampung halaman, ada beberapa opsi yang bisa dipilih. Misalnya dengan transit melalui Kuala Lumpur, membatalkan rencana balik, atau tetap sesuai rencana. Apapun rencana yang dijalankan, tetap haruslah karena sudah diputuskan sehingga tidak ada penyesalan. Kemungkinan besar kami memilih tetap sesuai rencana, balik langsung. Tiket jelas akan mahal, tapi setelah bertahun-tahun mengalami kerugian, ini salah satu kesempatan maskapai penerbangan bisa mendapatkan hasil yang positif.

Kalau bukan kami orang Indonesia yang membantu perusahaan Indonesia untuk survive, siapa lagi. Urusan tidak efisien atau apapun itu, adalah urusan yang lain. Dan ini juga pilihan kami pribadi. Kami melakukan yang terbaik menurut kami, dan sudah pasti akan menerima hasilnya sesuai apa yang dilakukan. Ini adalah pilihan hidup. Dan mengenai pilihan hidup, cerita tentang Amazon kami angkat untuk bahan artikel kali ini.

Kalau melihat grafik di gambar, dan dari berita yang beredar, setidaknya istri Jeff Bezos akan menerima sekitar 60-70 milyar usd. Atau sekitar 840-940 trillun rupiah. Sebuah angka yang luar biasa, yang bahkan tidak mungkin dicapai mayoritas orang di dunia. Kalau tinggal dibaca grafik pencapaian ataupun berita yang ada, sungguh sangat gampang pencapaian ini. Dan kita berharap suatu hari kita juga mendapat durian runtuh yang sama.

Jelas dalam hidup, kita ingin kehidupan yang lebih baik. Tidak ada yang ingin penurunan kualitas hidup. Makanya kenaikan harga tiket pesawat dianggap kondisi yang membuat kualitas hidup kita berkurang. Tapi di saat yang sama, ada ribuan orang yang mungkin mendapat peningkatan kualitas hidup dari kejadian ini. Dan untuk kejadian Amazon, fokus kami hanya di perusahaan Amazon saja, tidak ada gunanya membahas tentang perceraian orang lain.

Kalau kita cek, pernikahan Jeff dan MacKenzie terjadi di 1993, 1 tahun kemudian mereka mendirikan Amazon. Jangankan total perkembangan Amazon, bahkan bisnis Amazon saja mungkin belum ada dalam benak mereka. Barulah di 1994 Amazon didirikan, dan kedua pasangan ini membangunnya bersama. Amazon IPO di 1997 dan sampai saat ini melewati 2 krisis besar, yaitu krisis dotcom di 2000 yang membuat banyak perusahaan internet bangkrut, dan 2008 yang membuat banyak perusahaan bangkrut. Jadi untuk berhasil mencapai puncak orang terkaya di dunia, kita juga harus siap untuk melewati lembah krisis.

Dari sisi kinerja perusahaan, Amazon pertama kali menghasilkan laba sebesar 5 juta usd di kuartel ke-4 2001, 8 tahun setelah berdiri. Kemudian baru di 2003 mereka konsisten menghasilkan laba. 8 tahun mengalami kerugian, dibutuhkan visi yang sangat besar untuk bisa bertahan melewati ini. Dan kalau menjual di saat kinerja saham Amazon turun, dibilang bahwa ini penjualan yang bijaksana kalau dalam segi berinvestasi. Bagaimana kalau ternyata setelah ini nilai Amazon meningkat lagi. Apakah pandangan dari sisi investor akan berubah?

Kemampuan melihat perusahaan dalam kondisi buruk selama bertahun-tahun dan harga sahamnya naik turun begitu saja selama bertahun-tahun jelas butuh mental yang cukup kuat. Bayangkan saja bagaimana kita melewati masa-masa ini di saham terbesar kita tanpa melakukan tindakan apapun terhadap sahamnya. Atau setelah bertahun-tahun mengalami kerugian, apakah tahun pertama kita untung, akan langsung menjual karena takut nanti kembali rugi?

MacKenzie sendiri adalah wanita hebat. Berapa banyak yang bisa bertahan bersama pasangannya melewati masa-masa sulit yang terjadi? Apakah kita sendiri dalam memilih saham bisa bertahan 25 tahun lamanya sebelum memutuskan menjual? Kesabaran menunggu ini yang biasanya jarang dimiliki investor. Banyak yang maunya cepat menghasilkan. Sayangnya seperti kata Buffett, tidak mungkin mendapatkan bayi dalam 1 bulan dengan menghamili 9 wanita. Menunggu sampai waktunya tepat adalah sangat susah.

Perceraian itu sendiri bukan kejadian yang menyenangkan. Pastilah ada yang terluka. Sebaiknya jika ada yang mengalami situasi yang sama, dipikirkan dulu apakah ada cara lain yang lebih baik?

Download HOTS

HOTS Manual

Video Tutorial HOTS

Lowongan Kerja

1968676
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
801
1669
9677
9785
28656
48818
1968676

Your IP: 107.21.16.70
Server Time: 2019-01-20 13:14:06
Disclamer. Segala keputusan jual beli adalah tanggung jawab masing-masing pihak.
Joomla templates by Joomlashine