Disclamer. Segala keputusan jual beli adalah tanggung jawab masing-masing pihak.
You are here: HomeAnalisa Psikologis6 Perfection - Part 4

6 Perfection - Part 4

 

4. Kesabaran

Semua orang tahu dibutuhkan kesabaran untuk bisa berhasil, tapi mengapa masih saja gagal. Benar tidak ya.

Pertanyaan pentingnya, berapa lama harus menunggu. Tidak ada yang tahu pasti. Tapi yang pasti dibutuhkan hati yang berkecukupan, disiplin, dan kerja keras untuk mencapai tujuan. Jika masih tidak berhasil? Maka kesempurnaan kelima akan menjawabnya. Dan dibutuhkan kesabaran untuk menunggu artikelnya.

Ok. Kita bisa sabar kalau kita mengerti apa yang kita lakukan. Misalnya kita sabar duduk di pesawat tujuan Jakarta-Medan selama 2.5 jam karena kita tahu memang segitu waktu yang dibutuhkan. Kita tahu untuk menyekolahkan anak dibutuhkan kira-kira 20 tahun proses. Mungkin akan ada yang lebih cepat, tapi normalnya dibutuhkan itu. Kita tahu telur ayam akan menetas 21 hari lagi. Kita tahu bayi akan lahir 9 bulan. Tidak mungkin dipercepat misalnya menjadi 1 bulan dengan 9 wanita hamil. Semua butuh proses.

Sama juga di saham. Dibutuhkan waktu perusahaan bagus untuk berkembang. Tidak mungkin perusahaan terbaik tiba-tiba menumbuhkan bisnisnya 2x lipat dalam 1 malam. Alasannya gampang. Isi perusahaan adalah manusia yang giat bekerja. Mereka ada batas kapasitasnya. Ada jam kerjanya. Dan setiap perusahaan adalah perwakilan dari saham yang kita beli. Bukan batang lilin yang bergerak naik turun.

Perusahaan bagus akan bergerak konsisten naik karena isinya adalah orang-orang berintegritas yang bekerja keras untuk menghasilkan lebih. Perusahaan jelek akan bergerak konsisten turun karena banyak hal. Manajemen yang tidak berkualitas. Berada di industri yang salah, misalnya perusahaan tambang sekarang ini. Sebagus apapun pekerjaan karyawannya, tidak ada daya beli untuk membeli produk mereka. Kita investor akan diganjar oleh apa yang kita miliki.

Untuk tahu perusahaan bagus, sudah dishare beberapa kriterianya. NPM, penjualan, laba bersih yang bagus, bisa didapatkan di line ini. Plus 5 second valuation yang bisa dibaca di link ini.

Five second valuation
http://goo.gl/6agyom

Masalah besar kalau kita tidak tahu perusahaan yang kita beli itu bagus atau tidak. Karena itulah ada ungkapan Warren Buffet yang bagus. Jangan beli perusahaan yang anda tidak ingin simpan 10 tahun. Begitu lihat slogan ini, langsung niat invest hilang. 10 tahun adalah waktu yang lama.

Tapi petunjuknya di sini. Supaya bisa hold 10 tahun, kita harus benar-benar melakukan riset. Sehingga kita benar-benar punya keyakinan untuk memegang sahamnya. Kalau tidak, ada sedikit masalah saja kita sudah panik.

Lihat ujung karir investasi anda. Jika jelas, seberat apapun masalahnya akan dilewati juga.

Jika benar-benar diikuti, modal membeli UNVR di tahun 1982 sebesar 100 juta telah bertumbuh menjadi 140M dengan dividen terakhir 3M per tahun.

Kalau dibilang 100 juta angka yang besar, bisa coba dari 10 juta. Hasilnya adalah 14M dan dividen 300 juta per tahun.

Kalau 10 juta besar, bisa coba dengan 1 juta. Hasilnya adalah 1.4M dan dividen 30 juta per tahun.

Tidak ada UNVR, selalu akan ada perusahaan baru yang bertumbuh. Lihatlah Facebook, 10 tahun yang lalu adalah perusahaan baru yang mencari investor. Sekarang, pendirinya sudah masuk 20 besar orang terkaya di Forbes.

Selalu ada jalan untuk yang mau, dan selalu ada masalah untuk yang tidak mau.

Be a patient investor.

Download HOTS

HOTS Manual

Video Tutorial HOTS

Lowongan Kerja

2588777
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1882
2721
4603
16149
22722
65496
2588777

Your IP: 35.172.217.40
Server Time: 2019-12-10 22:32:19
Disclamer. Segala keputusan jual beli adalah tanggung jawab masing-masing pihak.
Joomla templates by Joomlashine