Disclamer. Segala keputusan jual beli adalah tanggung jawab masing-masing pihak.
You are here: HomeAnalisa TeknikProfesional vs Amatir

Profesional vs Amatir

 

Profesional vs Amatir
 
Dulu sekali ketika masih di masa sekolah, kegiatan yang sering dilakukan adalah bermain bulu tangkis dengan teman-teman. Salah satunya sangat bagus. Bahkan 2 orang tidak bisa mendapat angka darinya. Dan menurut pengakuannya, dia adalah nomor 3 terbaik di kota asalnya, dan sempat masuk pelatda.
 
Jadi mikir, yang level kota saja seperti itu kemampuannya, bagaimana dengan yang profesional. Pasti bedanya lebih jauh lagi. Dan dari obrolan, beberapa tips bulu tangkis diajarkan kepada kami. Sehari untuk mencapai level dia, perlu berlatih 8 jam. Padahal kami yang bermain 1-2 jam saja sudah merasa cukup senang. Benar-benar ada perbedaan antara yang main-main dan yang serius menempuh jalur profesional.
 
Demikian juga di investasi saham. Banyak sekali yang bercita-cita menjadi profesional investor. Setiap hari mendapat untung. Aset meningkat terus. Kerjaan gampang dibanding kerja kantoran Senin sampai Jumat. Kalau bosan bisa ditinggal pergi.
 
Itu hasil yang diinginkan. Bagaimana proses untuk mencapai itu? Jelas ada harga yang harus dibayar. Tidak ada makan siang Gratis. Untuk mendapat hasil, ada kerja yang harus dilakukan. Kalau mengenai terlahir sebagai anak orang kaya, kita tidak akan membahas itu karena panjang nantinya. Tapi fakta bahwa kita berasal dari keluarga biasa saja sudah memberi jalan cerita lain. Cerita di mana kita harus berjuang untuk mencapai level yang diinginkan.
 
Jadi untuk mencapai hasil di atas rata-rata, ada biaya untuk itu. Bukan saja dari uang, tapi usaha, waktu yang digunakan untuk mencapai level yang diinginkan. Berapa banyak uang sekolah yang dibayar ketika mengalami kerugian. Berapa banyak seminar dan buku yang harus dihadiri untuk belajar dari pengalaman orang lain. Berapa banyak waktu yang harus kita luangkan? Berapa besar emosi yang harus kita hadapi ketika rencana investasi kita tidak berjalan sesuai harapan.
 
Adalah gampang ketika bursa bergerak naik terus. Tapi kejadian nyatanya tidak demikian. Kadang bursa akan bergerak turun. Apakah kita bisa siap mental untuk itu? Ditambah jika menjadi profesional investor, berarti ketika bursa bergerak turun berbulan-bulan, mungkin kadang beberapa tahun, seperti di Jepang yang 30 tahun turun, bagaimana dengan penghasilan yang kita harapkan?
 
Jadi menjadi profesional investor tidak mudah dimulai ketika kita ingin mencari penghasilan utama. Ini sebaiknya dimulai ketika kita sudah punya rencana cadangan.
 
Jika tidak, maka konsep menabung saham adalah yang terbaik. Kita mengembangkan daftar saham dari perusahaan terbaik, kemudian membeli ketika harga sahamnya tertekan hanya karena faktor sementara, dan ketika kita memiliki dana. Memahami batas lingkaran kompetensi kita adalah yang paling utama.
 
Seperti pernyataan Buffett dan Munger, mereka bukan menjadi yang paling hebat untuk berhasil, tapi memahami di mana batas kemampuan mereka dan disiplin tidak melewati batas itu yang membuat mereka bisa tetap berada di level teratas.
 
Menjadi investor amatir bukan sesuatu yang buruk. Asal kita memahami aturan mainnya. Seperti kata Peter Lynch di buku One Up on Wall Street. Being dumb money is not dumb, being dumb money and follow smart money is the dumb. Artinya mungkin kira-kira, menjadi amatiran tidaklah bermasalah, masalah timbul ketika amatir berusaha mengikuti langkah profesional.
 
Apakah ada profesional yang berhasil di bidang investasi? Jelas ada. Tapi jumlahnya tidak akan melebihi hitungan jari di dalam lingkungan kita. Dan mengenal mereka juga tidak akan membuat kita akan seperti mereka. Sama seperti setiap Sabtu menonton sepakbola tidak akan membuat kita menjadi Ronaldo atau Messi. Mengetahui batasan kita dan mengikuti aturan yang rasional adalah yang terbaik.
 
Jika kita memahami ini untuk bidang lain, seharusnya ini juga bisa dipahami di bidang investasi. Ketika kita melewati batas ini yang akan menjadi masalah. Ditambah ketika melewati batas, kita menggunakan dana pinjaman. Dan yang membuat kita melakukan ini? Keserakahan untuk mendapat lebih dan ketakutan ketinggalan dari teman-teman dalam pencapaian materi. 

Download HOTS

HOTS Manual

Video Tutorial HOTS

Lowongan Kerja

1713822
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
664
1676
8741
9661
25007
45984
1713822

Your IP: 54.196.5.6
Server Time: 2018-08-18 08:08:23
Disclamer. Segala keputusan jual beli adalah tanggung jawab masing-masing pihak.
Joomla templates by Joomlashine