Disclamer. Segala keputusan jual beli adalah tanggung jawab masing-masing pihak.
You are here: HomeAnalisa TeknikHasil 10 Years Challenge

Hasil 10 Years Challenge

 

Hasil 10 Years Challenge
 
Untuk mencapai tujuan ada dua cara. Yang pertama adalah membuat jalan baru dan yang kedua adalah mengikuti jalan lama yang sudah dibuat orang sebelumnya.
 
Metode pertama jelas tidak ada dalam rencana kami. Kami sadar diri dengan kesibukan, kemampuan, dan segala sumber daya yang dimiliki, kami tidak akan pernah menemukan rumus baru untuk berhasil di saham. Maka metode kedua yang sewajarnya kami ikuti.
 
Metode pertama sendiri sudah pernah kami coba beberapa tahun, dan hasilnya adalah kami menggunakan metode kedua. Jadi untuk yang membaca ini, sewajarnya bisa menghemat waktu langsung menjalankan yang lebih gampang dibanding mengulangi jalan yang kami tempuh dulu.
 
Metode kedua sendiri dijalankan oleh semua investor yang berhasil di dunia. Jika mereka berhasil, seharusnya kita yang meniru juga akan mendapat manfaat yang mirip. Tapi untuk itu kita harus melihat bukti nyata dulu.
 
Di gambar adalah hasil jika berinvestasi di saham paling baik di masing-masing sektor, dan perkembangan aset Warren Buffett selama 10 tahun. Untuk saham, persepsi terbaik mungkin tiap orang berbeda, tapi kami memilih yang 10 tahun lalu sudah dianggap yang terbesar. Artinya kita bisa melihat perusahaan yang dianggap sudah matang dan mahal bisa menghasilkan atau tidak. 
 
Perhitungan di gambar belum memasukkan pertumbuhan aset melalui dividen, dan jika kita melakukan pembelian kembali sahamnya memakai dividen. Hasilnya akan berbeda lagi. Mungkin nanti kami akan membahasnya di artikel tersendiri mengenai kekuatan dividen. 
 
Dari gambar, jika di 2008 kita berinvestasi dengan modal masing-masing 10 juta di perusahaan terbaik tiap sektor, maka total modal adalah 100 juta. Pada posisi 10 tahun kemudian, hasilnya sudah lumayan banyak. 
 
Plus jika kita lihat perkembangan investor terbaik di dunia, Warren Buffett, kekayaan dia juga meningkat lumayan.
 
Artinya ada yang berhasil, dan ada saham di Indonesia yang memberi kesempatan berhasil. Tinggal kita mau menjalankan metode ini atau tidak. 
 
Metode berinvestasi sendiri juga lumayan banyak. Secara garis besar ada 2 yang kami lakukan, dan juga dilakukan investor dunia. Role model kami adalah Peter Lynch dan Warren Buffett. Mereka membeli perusahaan terbaik ketika kondisi sedang tidak baik, dan membeli perusahaan terbaik yang bisa terus memberi hasil terbaik.
 
Ini jika kita mengembangkan portofolio di perusahaan unggul. Repotnya jika portofolio kita malah berisi perusahaan yang tidak jelas karena demi ingin cepat kaya.
 
Kami juga pernah melakukannya. Hasilnya adalah tahun-tahun awal di investasi yang banyak trial and error. Kondisi saat itu tidak segampang sekarang, YouTube dan Google belum berkembang. Guru-guru terbaik belum muncul. Materi berkualitas belum banyak. Ini alasan umum. Tapi sebenarnya adalah kami sendiri belum siap sehingga tidak mampu melihat adanya guru dan bahan yang berkualitas. 
 
Cara supaya bisa menemukan metode, kita sendiri harus terus meningkatkan diri. Ibarat anak SD, kalau berhenti belajar maka selamanya hanya punya pengetahuan SD dan tidak bisa melihat ilmu di SMP dan SMA. 
 
Keinginan cepat kaya tanpa fondasi yang kuat akan membuat cara pandang kita bermasalah. Kita hanya fokus pada apa yang bisa untung di depan mata. Akhirnya kita mengumpulkan saham bermasalah di portofolio dan menjual saham terbaik ketika sudah memberi keuntungan sedikit. Ini karena takut kehilangan untung ketika harga saham turun.
 
Kalau metode investor terbaik, siram bunga cabut rumput. Kita malah melakukan yang sebaliknya, tanam rumput cabut bunga. Tidak perlu ilmu roket untuk melihat kemana tujuan ini mendarat.
 
10 tahun berlalu, apakah kita sudah puas dengan hasil kita. Baik siapa diri kita dan kondisi lingkungan kita. Jika tidak, saatnya berubah demi tantangan 10 tahun ke depan. Kata Albert Einstein, adalah gila kalau kita melakukan sesuatu dengan cara yang sama dan berharap hasil yang berbeda.
 
Pilihan kami sendiri sudah jelas. Invest long, prosper and be happy. 

Download HOTS

HOTS Manual

Video Tutorial HOTS

Lowongan Kerja

2349778
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
636
1927
13375
15798
53909
58875
2349778

Your IP: 34.204.179.0
Server Time: 2019-08-25 06:31:58
Disclamer. Segala keputusan jual beli adalah tanggung jawab masing-masing pihak.
Joomla templates by Joomlashine